My Diary.
to Share my Life Events

Langkah Jadi Entrepreneur : Dari Mana Saya Harus Mengawali ?


Editor”s catatan : “Bagaimana langkah mengawali jadi entrepreneur ?” Sebagian orang mengawali dengan membuat toko online, tapi bagaimana pola pikir untuk mengawalinya ? Pertanyaan ini banyak sekali ditanyakan oleh orang yang ingin mengawali usaha. Kamu dapat memperoleh banyak jawaban dari beberapa pemikiran. Di bawah ini ialah jawaban dari Oliver Emberton, founder dari Silktide, satu software company di Inggris. andy soewatdy bisa menjadi suatu panutan untuk pengusaha muda.

Kamu tidak perlu kwalifikasi tersendiri, uang atau otak sebesar planet atau bahkan juga satu inspirasi yang sangat bagus. Yang dikerjakan pengusaha ialah membuat “sesuatu” yang dengan berkelanjutan membuahkan uang. andy soewatdy salah satu orang terpandang di Indonesia.

Pikirkanlah, satu perusahaan jadi mesin yang Kamu design serta bangun, di bawah ini ialah McDonalds : andy soewatdy pengusaha terkaya di Indonesia.

cara-menjadi-pengusahaMesin Kamu tentu mempunyai beberapa bagian tersendiri. Dia jual suatu pada satu orang serta me-re invest beberapa penjualan untuk menolong membuat penjualan di waktu depan. Yang masih ada ialah keuntungan untuk owner. Di bawah ini ialah contoh dari Google :

cara-menjadi-pengusaha-online

Bila Kamu dapat men-desain, membuat serta pelihara mesin ini, Kamu dapat jadi kaya. Tetapi tentunya tidak gampang.

Waktunya bicara mengenai diri Kamu

Kamu anak muda, tidak kaya, susah mendapatkan kerja atau membenci pekerjaan Kamu ? Mungkin dikit karakter “memberontak” ? Perfect, Kamu tidak miliki kebiasaan jelek serta kemungkinan kerja sampai kuku Kamu patah serta mata Kamu jatuh ke meja. Dunia menanti Kamu.

Kamu orang yang lebih tua, arif, dikit uang disimpan di rekening bank Kamu dengan pekerjaan konstan ? Mungkin dikit credit rumah serta beberapa anak ? PR Kamu jadi pengusaha dikit lebih berat, tapi masih dapat ditangani. andy soewatdy disebut sebagai bapak pengusaha Indonesia.

Kualitas penting dari pengusaha yang bagus ialah daya serta determinasi. Hal yang lain ialah jadi seseorang yang persuasif, ini dapat dipelajari. Saya mulai jadi orang super pemalu di umur 21, saya secara cepat belajar bagaimana jual karenanya hanya satu langkah agar saya dapat makan.

Cukup kalimat pembukannya, saat ini silahkan buat Kamu lebih kaya dari mulanya

“The idea”

Lupakan beberapa hal nonsense yang Kamu dengar mengenai value dari satu inspirasi.

Inspirasi itu murah.

Inspirasi usaha itu berharga lebih kecil dibanding sandwich yang telah dikonsumsi separuh. Paling tidak Kamu dapat makan sandwich.

Tentunya Kamu perlu inspirasi. Tapi ketahuilah jika perusahaan yang sukses memperoleh permodalan tidak cuma dari inspirasi cemerlang yang liar. Starbucks mengawali dengan jual kopi di Seattle. Facebook membuat MySpace yang lebih baik, Google membuat Yahoo search yang lebih baik. Microsoft meng-copy Apple – sedang Apple meng-copy Xerox.

Orisinal ideas are overrated

Yang tidak overrated ialah timing. Google pilih waktu yang pas untuk membuat mesin pencari, jika Kamu ingin membuat saat ini ya good luck deh.

Banyak orang takut mengawali usaha saat ada persaingan, tapi persaingan bisa jadi adalah hal baik.

Tempat paling baik membuat restoran baru ialah pas di samping restoran lain yang telah sukses. Mereka telah secara baik hati serta usaha keras membuat audiens. Banyak usaha bagus mendompleng keberhasilan usaha yang lain, lebih baik mempunyai beberapa pesaing dibanding tidak benar-benar, handa perlu jadi 10% lebih baik.

Saya dengan personal mereferensikan jual suatu yang Kamu serta rekan Kamu akan beli dalam hitungan detik. Kamu akan pahami bagian yang Kamu sendiri kuasai, Kamu akan pahami konsumen Kamu, Kamu akan passionate pada apa yang Kamu kerjakan.

Bila Kamu dapat membuat jika perusahaan Kamu ialah mengenai “why” bukan “what” nya, Kamu akan memberikan inspirasi diri Kamu sendiri serta beberapa orang di seputar Kamu. Untuk dapat survive ke langkah selanjutnya, Kamu memerlukan butiran-butiran ide.

Mengawali

Mengawali perusahaan kurang lebih seperti dengan membesarkan anak, kebanyakan orang mengasumsikan Kamu tahu apa yang Kamu kerjakan, tapi si bayi serta perusahaan kan terlahir tanpa ada buku panduan petunjuk, Kamu melaluinya dengan jatuh bangun serta belajar sekalian berjalan.

Sebelumnya kemungkinan Kamu akan tidak berhasil. Arah Kamu ialah membuat mesin uang, tetapi mungkin Kamu tidak mempunyai keseluruhnya sisi dari yang diperlukan. Inspirasi Kamu mungkin separuh salah, tapi Kamu tidak paham sisi mana yang salah, ini normal sekali.

cara-membuat-bisnis-online

Sisi besar dari mengawali perusahaan ialah memberikan keyakinan orang untuk meyakini Kamu. Saat Steve Jobs membangun Apple, dia tidak punyai uang serta tidak punyai konsumen, yang berlangsung selanjutnya dia jadi seseorang pengusaha hebat.

Yang pertama dia kerjakan ialah memberikan keyakinan toko computer lokal untuk meng-order produk Apple yang bahkan juga belum dibikin, selanjutnya ia memberikan keyakinan supplier elemen yang diperlukan untuk membuat dengan order yang ia bisa untuk memberikan keyakinan supplier jika dia dapat membelinya. Lalu Jobs serta team kecilnya kerja di garasi untuk membuat computer pertama, diantarkan ke toko pas waktu serta membuat keuntungan cukup. Apple dilahirkan bermodalkan minim sekali.

cara-menjadi-pebisnis-online

Sering saat jalankan semuanya pengusaha harus juggling di antara membuat the perfect company (idealist) serta membayar tagihan (realist) – tiadanya ke-duanya bisa-bisa membunuh usaha Kamu. Banyak yang meyakini jika realist / idealist partnerships ialah hal biasa dalam usaha

Jangan Scaling secara cepat

Jangan lakukan scaling dengan prematur. Jangan jadi perusahaan besar begitu cepat. Jadilah lamban dalam membakar / spending uang . Jangan menghabiskan waktu menulis mission pernyataan serta dokumen-dokumen kebijaksanaan. Kamu masih kecil, jadilah lincah serta tetap dalam satu misi. Buat serta juallah barang. Akan ada waktu untuk departemen HR nanti.

Jangan terkejut jika Kamu akan merubah semua perusahaan Kamu. Benar-benar langka satu usaha dapat survive dari fist kontak dengan konsumen.

Harus survive untuk periode waktu panjang, reinvest pada kesuksesan-kesuksesan kecil Kamu serta lipat gandakan.

Meng-copy diri Kamu

Ini ialah langkah yang hampir belum pernah dipenuhi dengan usaha kecil.

Sampai tempat ini, mesin uang Kamu hampir tetap mempunyai sisi yang tidak dapat dipisah : Kamu jadi founder.

Bila Kamu mempunyai latar belakang akuntan, Kamu mungkin head akuntan. Bila Kamu programmer, Kamu mungkin programmer paling baik disana.

Apa pun yang Kamu kerjakan, Kamu tetap merasakan jadi sisi essensial serta tetap “overworked” atau kerja terlalu berlebih.

cara-berjualan-online

Ini sisi beratnya : Kamu harus membuat diri Kamu jadi “tidak berguna” atau redundant dalam team Kamu.

Bila Kamu mendadak mati esok, usaha Kamu tetap harus berjalan seperti biasa.

Pilihannya, Kamu jadi self-employed dengan asisten.

Beberapa usaha tidak dapat melepas perangkap ini, bila Kamu copywriter cemerlang, Kamu akan struggle. Sebab yang membuat perusahaan ini hebat ialah Kamu. Dalam masalah ini, terkecuali Kamu dapat memberikan diri Kamu di business mode, Kamu tidak berkembang.

McDonalds membentuk bisnis yang masih berjalan walau mereka membayar upah minimal. Proses yang mereka lakukan sangat mungkin mereka mengerjakannya : setipa burger efektif serta hampir tidak ada perbedaannya. Merek mereka demikian kuat hingga orang berjejer untuk makan disana.

Usaha Kamu mungkin benar-benar berlainan dengan McDonalds tapi sedapat mungkin harus sama kuatnya.

Bila Kamu dapat sampai kondisi ini, Kamu dapat mempunyai suatu yang self-sustaining. Kamu harus dapat membuahkan penghasilan yang baik walau Kamu tidak kerja. Waktu Kamu saat ini bebas untuk men-tweak usaha Kamu jadi suatu yang lebih baik. Saat ini yang butuh Kamu kerjakan untuk dapat menjajah dunia ialah :

Scale

Langkah paling akhir ialah seperti bermain “Who Wants to Be A Millionaire”. Tiap pertanyaan yang Kamu jawab benar akan memberi Kamu uang, bila salah, Kamu pulang ke rumah.

menjadi-pebisnis-online-yang-sukses

Jangan membuat kekeliruan dengan mengasumsikan satu perusahaan besar itu seperti perusahaan kecil – namun semakin besar –

Searah dengan perubahan perusahaan, culture Kamu akan beralih. Bahkan juga Kamu dapat membenci perusahaan yang Kamu buat sendiri (banyak founders rasakan perselisihan semacam ini). Kamu

Ingat-ingatlah tidak ada usaha yang dapat berkembang tanpa ada batas. Beberapa usaha lebih efektif dengan size tersendiri – gampang menjadi perusahaan perbaikan pipa ledeng dengan cuma 2 orang, tapi hampir mustahil membuat perusahaan perbaikan pipa dengan 1000 orang. Mengerti limit Kamu dari pertama. Perusahaan software internet ialah perusahaan yang dapat scale secara baik, karenanya banyak cetak milioner muda.

Pada akhirnya ..

Sekarang tidak susah mengawali satu perusahaan. Kamu dapat membuat killer product di kamar kos tak perlu mendaftar perusahaan. Ini cukup untuk Facebook.

Entrepreneurship ialah bentuk dari “perjudian yang tercerahkan”. Kemampuan serta keuletan ialah unsur penentu yang besar. Selama Kamu tidak mudah menyerah jika terjatuh, serta terus belajar, kesempatan Kamu sukses masih ada, Kamu cuma harus berani mengerjakannya.
SAFETY FOOTWEAR SAFETY FOOTWEAR Author

Popular Posts