My Diary.
to Share my Life Events

K3 BEKERJA DENGAN BAHAN KIMIA

Image result for K3 BEKERJA DENGAN BAHAN KIMIA

1. Perhatikan Rambu-rambu Keselamatan
sepatu safety - Pemikiran yang salah bila kita beranggapan remeh rambu-rambu keselamatan yakni tidaklah hal penting. Menyepelekan rambu-rambu keselamatan dapat membahayakan sendiri ataupun relasi kerja.

Contoh : ada larangan merokon di ruang yang ada bahan kimia mudah terbakar, namun ada pekerja yang menyepelekan larangan itu dapat mengakibatkan kebakaran pada ruang tersebut

2. Baca Label bahan kimia tersebut
Label sama pentingnya dengan rambu-rambu keselamatan, maka sebelumnya menangani bahan kimia baca dengan jeli label bahan kimia itu. Dari Label kita dapat tahu seperti berikut :

  • Isi Bahan Kimia 
  • Cara Perlakuan 
  • Potensi Bahaya 
  • Cara menghindar Kecelakaan 
  • Hal yang perlu ditangani bila terpapar 
  • Cara P3K-nya 

Informasi beda yang penting

Jangan sampai dilepaskan label itu, apabila kita memakai bahan kimia itu, saat kembalikan optimis label muda dibaca oleh orang yang lain.

3. Baca MSDS-nya
MSDS harus selalu ada pada masing-masing bahan kimia yang digunakan, dipakai dan di simpan di tempat kerja. MSDS memiliki semua informasi yang diketahui agar kita bekerja dengan aman.

4. Gunakan Alat Pelindung diri (APD) yang sesuai
Optimis penggunaan APD sama seperti yang terdaftar pada label atau MSDS, check APD sebelumnya digunakan, Dalam kondisi darurat optimis APD yang kita pakai sudah sama seperti yang terdaftar pada MSDS. Alat pelindung harus yaitu seragam kerja, sepatu safety, sarung tangan, kaca mata safety.

5. Prioritaskan pada kebersihan/higiene
Optimis selalu bersihkan tangan setelah menangani bahan kimia. Bersihkan tangan sebaiknya ditangani saat :
a. Setelah menangani bahan kimia
b. Sebelumnya makan atau merokok
c. Sebelumnya memakai sarung tangan
Optimis minum dan makan ditempat yang telah ditentukan
Bila ada luka, tutup luka rapat-rapat sebelumnya menangani bahan kimia

6. Ketahui cara penyimpanan dengan benar
Simpan bahan kimia sama seperti ciri-khas bahaya dan compabilitynya, jangan sampai menyimpan bahan kimia yang comaptible sampai juga akan berekasi saat disimpan. Penyimpanan lewat cara sederhana sama seperti sifatnya asam, basa, korosif, mudah terbakar, ataupun beracun

7. Ketahui cara buang dengan benar
Jangan sampai buang bahan kimia atau sisa tempat/botol di tempat sampah umum, jangan sampai buang bahan kimia ke sungai/selokan. Saksikan informasi tentang ekologi pada MSDS.

8. Keselamatan yakni tanggung jawab kita sendiri
Keselamatan yakni tanggung jawab umumnya orang yang perlu dimulai dari diri kita sendiri. Bila berjalan kecelakaan maka yang terima kerugian bukan hanya diri kita sendiri namun juga akan memiliki resiko pada orang yang lain.
SAFETY FOOTWEAR SAFETY FOOTWEAR Author

Popular Posts