My Diary.
to Share my Life Events

10 Tips Mudah untuk Meningkatkan Keselamatan Kerja di Laboratorium

Image result for 10 Tips Mudah untuk Meningkatkan Keselamatan Kerja di Laboratorium

sepatu safety - Keamanan kerja di laboratorium semestinya jadi salah satu prioritas kita jadi seorang yang melakukan kegiatan sehari-harinya di laboratorium. Seseorang Penanggung jawab laboratorium (Kepala laboratorium atau Manager Laboratorium) harus meningkatkan sebuah program training yang efisien, menanggung terlaksananya praktek berlaboratorium yang benar dan melakukan audit keamanan kerja untuk meminimalisasi kemungkinan kecelakaan di laboratorium.

Banyak cara yang dapat kita kerjakan untuk meningkatkan lingkungan yang aman untuk kegiatan di laboratorium. Tak ada waktu yang lebih baik dari SEKARANG untuk mengevaluasi prosedur keamanan yang berada di laboratorium kamu.

Untuk Laboratorium dengan sarana yang semakin besar, pekerjaan ini mungkin juga akan terasa lebih melelahkan dan menjemukan. Untuk menolong kamu, tersebut disini 10 Tips Mudah yang dapat kamu kerjakan untuk tingkatkan keselamatan kerja di laboratorium.

Dilarang Makan dan Minum di Laboratorium
Ini adalah salah satu rutinitas jelek yang seringkali dilakukan personil laboratorium dan sangat sulit sekali di larang. Nyaris kebanyakan orang menyukai minum kopi atau air dingin di laboratorium.

Tersebut disini keuntungan dari larangan minum dan makan di laboratorium.

Pertama, kurangi masalah konsentrasi. Ketika melakukan analisis yang gawat dan penting, masalah berbentuk apa pun harus diminimalisasi untuk menghindar kecelakaan kerja. Dalam beragam cara, ada makanan di laboratorium dapat memberi masalah ini.

Ke-2, sampah makanan. Sampah makanan dapat hasilkan kemampuan yg tidak efektif karena harus bersihkan sisa makanan. Dan yang paling terutama yaitu tingkatkan kemungkinan kerancuan, baik pada ruangan, product atau analisis.

Ke-3, kebijakan ini adalah praktik yang benar dalam implementasi keamanan di laboratorium. Masalah terburuk dapat diliat pada apa yang terjadi di Tacoma, Washington. Seseorang wanita wafat setelah dengan tidak berniat meminum larutan saline yang memiliki kandungan azide.

Tidak Bekerja Sendirian
Banyak kondisi yg tidak sangat mungkin kita bekerja dengan orang yang lain atau mitra. Namun, bila memang dapat diupayakan, baiknya analisis dilaboratorium ditangani dengan sorang mitra atau tim. Dua gunakan mata atau dua gunakan tangan semakin lebih menolong kurangi kekeliruan atau kecelakaan di laboratorium.

Kekeliruan Manusia adalah hal umum yang tentu terjadi. Kebanyakan orang dapat melakukan kekeliruan. Bekerja dengan tim membuat keadaan yang baik untuk sama-sama menolong keduanya. Keadaan ini menolong memberi tanggapan yang cepat jika terjadi beberapa hal yg tidak dikehendaki.

Pemakaian Label/Sinyal Peringatan
Apa pun yang memiliki kemungkinan bahaya atau ancaman harus diberi label/sinyal yang dengan visual terlihat terang. Label/sinyal harus memiliki warna yang terang, font yang tidak tipis dan terdapat di ruang yang bisa diliat dengan terang.

Semua bahan kimia dan larutan harus diberi label sesuai Good Laboratory Practices. Diluar itu, laboratorium juga perlu memerhatikan ancaman dari kemungkinan bahaya kebisingan dan perlistrikan. Label/sinyal bahaya pada ancaman kebisingan dan perlistrikan harus juga ditempel di laboratorium sama dengan ancaman bahaya yang beda.

Mengelola Biaya Keamanan di Laboratorium
Mengelola biaya adalah hal yang penting untuk gagasan penambahan keamanan di laboratorium. Sedihnya, di Indonesia biaya untuk pembelian alat alat yang diperlukan untuk penambahan keamanan di laboratorium sering sekali jadikan pilihan paling akhir.

Ketika tengah berencana biaya baru atau tengah membuat revisi biaya tahunan, harus di pastikan ada biaya untuk beli alat pelindung diri.

Alat Pelindung Diri yang perlu dibeli yakni : eye wash, sarung tangan, kaca mata keamanan, pelindung telinga, masker, jas lab, alat pemadam api enteng, shower dan beda lain bergantung type laboratorium.

Bila diliat dari bagian nilai, pembelian ini dapat terlihat sangat mahal. Tapi tak ada yang lebih penting dari kesehatan, keselamatan dan keamanan personel di laboratorium.

Pengelolaan biaya yang tepat juga akan mereduksi biaya yang semakin besar dimasa depan.

Terkecuali biaya untuk pembelian perlengkapan, biaya untuk proses training harus juga di perhatikan. Di luar biaya proses training, juga harus dihitung biaya-biaya beda yang perlu di keluarkan. Misalnya, karena pekerjaan yang terlambat dikarenakan oleh ketidak hadiran personel yang tengah melakukan training.

Menaruh bahan kimia mudah terbakar pada kabinet tahan api
Seperti yang kita sangat kita kenali, api adalah ancaman yang sangat beresiko di laboratorium. Optimis kalau semua bahan kimia, solvent dan aerosol yang mudah terbakar, disimpan dalam tempat yang aman.

Masih tetap inget dengan pemberian label/sinyal bahaya di atas? Untuk menolong mengingatkan tim, tempatkan sinyal ‘ Kembalikan Pada Tempat Yang benar ” pada ruang di mana biasanya bahan kimia mudah terbakar dipakai. Agar semua bahan kimia itu segera dikembalikan ketempatnya setelah dipakai.

Kamu dapat juga memperhitungkan ini jadi bagian dari pengawasan inventory yang dilakukan setiap hari.

Pembuatan Manual Keamanan di Laboratorium
Ketika ada karyawan yang baru masuk, umumnya perusahaan juga akan memberi bahkan juga mewajibkan kursus mengenai kebijaksanaan perusahaan pada umumnya.

Mengapa tidak melakukan hal yang sama untuk di laboratorium?

Pembuatan kebijakan keamanan di laboratorium (manual keamanan) yang pasti dan mudah berkaitan semua kriteria dan praktik yang benar berperan jadi rujukan utama. Kebijakan itu dapat juga menghindar terjadinya peristiwa yg tidak dikehendaki. Setelah semua tim di laboratorium membaca kebijakan keamanan itu, minta mereka menandatanganinya jadi tandanya tahu dan juga akan mematuhinya.

Bila ada karyawan yang dengan berkelanjutan tidak mematuhi ketentuan kebijakan keamanan di laboratorium, mungkin perusahaan harus memperhitungkan untuk memberhentikan karyawan itu. Sinyal tangan pada kebijakan keamanan menyebutkan mereka ketahui apa yang perlu dilakukan, termasuk aksi legal yang didapat karena tidak dikerjakannya ketentuan itu.

Kerjakan kontrol (audit) mendadak
Apa fungsinya kebijakan keamanan laboratorium yang baik bila tidak di check pengerjaannya? Kerjakan kontrol (audit) pada saat yg tidak dapat diperkirakan hingga memberi hasil yang lebih baik. Pada keadaan yg tidak direkayasa kita juga akan lihat proses kebijakan keamanan di laboratorium sesuai kondisi aslinya.

Tak ada yang menyukai dengan kontrol (audit) mendadak, namun ketika keamanan adalah prioritas, hal itu harus harus dikerjakan. Setelah sering dikerjakan, audit dan training mengenai kebijakan keamanan di laboratorium selanjutnya juga akan membuat rutinitas yang baik, yang harga nya juga akan jadi tidak ternilai.

Proses Role Play sehari-hari.
Masih tetap inget ketika dahulu di sekolah dan bagian bertanya jawab adalah surprise yang mengasyikkan?. Mungkin pada saat kecil kita belum juga tahu manfaat dari aktivitas ini.

Saat ini sistem tanya-jawab itu juga akan kita kembangkan pada rencana yang dimaksud Role-Play. Satu orang juga akan di tanya mengenai kondisi yang mungkin terjadi dan kita saksikan jawabannya, baik dengan verbal atau praktek.

Proses role play ini buat kita siap hadapi skenario terburuk dan membuat rutinitas yang baik (good habits) Bila suatu saat peristiwa itu terjadi, semua tim juga akan siap berdasar pada training dan pengetahuan yang telah dipunyai.

Optimis kalau kebanyakan orang telah atahu juga akan Identifikasi jalan keluar darurat, ruang pertemuan darurat, dan penunjukan orang yang juga akan bertanggungjawab pada sistem evakuasi.

Pemberian handout atau literature dengan peta adalah bonus. Penanggung jawab laboratorium mungkin juga akan terlihat seperti terlalu paranoid, tapi persiapan yang baik telah lebih dari memenangkan 1/2 peperangan.

Delegasikan Tugas
Jadi manager atau supervisor, kamu mungkin memiliki banyak pekerjaan. Salah satu yang dapat dilakukan untuk menanggung semua jalan dengan baik yaitu mewakilkan beberapa pekerjaan. Tugaskan beberapa anggota tim beberapa pekerjaan khusus, sehinggan protokol keamanan laboratorium dapat dilakukan dengan lebih baik.

Misalnya salah satu staff mungkin dapat diberi pekerjaan untuk memonitor pemberian label/sinyal keamanan dan seorang sekali lagi dapat merapihkan inventori bahan kimia. Berikan tanggung jawab hingga supervisor atau manager laboratorium dapat berkonsentrasi pada deskripsi yang semakin besar,

Dorong dan promosikan keamanan di laboratorium dengan personal
Tak ada yang lebih efisien dari pada pemberian motivasi positif pada semua tim di laboratorium. Keamanan di Laboratorium biasanya memanglah bukan bagian yang favorite. namun dengan sedikit pendekatan personal, kita dapat buat banyak perubahan.

Perbincangan personal yang melibatkan rencana, berbagi pengalaman pribadi dapat buat hal semacam ini lebih masuk ke semasing pribadi dengan lebih baik. Mungkin dapat juga disharing beberapa kekeliruan yang sudah terjadi untuk pelajaran. Janganlah lupa memberikan humor ketika bicara mengenai keamanan di laboratoriun, hingga terwujud suasana yang lebih baik.
SAFETY FOOTWEAR SAFETY FOOTWEAR Author

Popular Posts