My Diary.
to Share my Life Events

10 Tips Bekerja dengan Aman dan Selamat

Related image

sepatu safety - Setiap pekerjaan memiliki resikonya semasing. Resiko itu dapat berbentuk kecelakaan, masalah kesehatan, pelecehan, dan sebagainya. Program K3 yang diaplikasikan oleh perusahaan jadi salah satu cara untuk kurangi resiko yang dihadapi pekerja ditempat kerja. Program K3 itu biasanya di buat oleh pihak manajemen perusahaan dengan berkomunikasi dengan beberapa pekerja. Terkecuali program K3 yang diaplikasikan oleh perusahaan, setiap pribadi atau individu dari pekerja itu harus dapat membuat perlindungan dianya dari bahaya yang ada ditempat kerja. Memang sediakan tempat kerja yang aman jadi keharusan untuk perusahaan tetapi pekerja harus juga dapat melindungi diri mereka semasing. Berikut ini 10 tips bekerja dengan aman :

Tahu resiko yang ada ditempat kerja
Setiap pekerja dari tingkatan jabatan apa pun, perlu mengerti resiko yang ada ditempat kerja, terlebih yang berhubungan dengan pekerjaannya. Saat pekerja sudah mengetahui mengenai resiko yang ada itu maka mereka semakin lebih siaga untuk hindari resiko itu. Walau perusahaan tidak memberi info atau program k3 yang pasti, pekerja harus dapat mengerti resiko kerja untuk diri mereka sendiri.

Kurangi stress ditempat kerja
Stress ditempat kerja dapat menyebabkan masalah kesehatan mental seperti susah tidur, sulit berkonsentrasi, atau depresi. Stress itu dapat terjadi karena bekerja terlalu lama, kurang beristirahat, perseteruan dengan bos atau pekerja yang lain. Pekerja baiknya tahu mengenai batasan yang dipunyai oleh dianya hingga tidak memaksakan diri saat badannya memang tidak dapat. Pekerja juga baiknya hindari terjadinya perseteruan pada pekerja maupun dengan atasan mereka.

Cukup Beristirahat
Istirahat yang cukup sangat diperlukan oleh pekerja. Tidak hanya saat pulang kerja tetapi ditempat kerja, pekerja juga memerlukan istirahat. Pekerja harus dapat mengerti keperluan badannya hingga tahu saat badannya memang perlu untuk istirahat. Bila badan kurang beristirahat maka badan dapat mudah terkena penyakit dan juga akan mengganggu pekerja dalam bekerja.

Menghindar gerakan yang mengganggu
Saat bekerja ditempat kerja, pastikan tempat kerja itu memiliki alur kerja yang mempermudah hingga tidak melelahkan pekerja. Atur tempat kerja demikian rupa hingga pekerja jadi nyaman saat melakukan pekerjaannya atau saat beralih dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain.

Memakai pertolongan mekanis bila dimungkinkan
Saat bekerja yang memerlukan tenaga berat, bila dapat pakai alat bantu hingga badan tidaklah terlalu kelelahan. Misalnya saat juga akan membawa barang, maka dapat memakai kereta dorong, dan semacamnya.

Membuat perlindungan punggung
Pekerja yang perlu mengangkat barang berat harus waspada saat mengerjakannya. Tempatkan benda itu senyaman mungkin hingga dapat diangkat dengan aman. Angkat dengan memakai otot paha. Pekerja perlu belajar bagaimana tempat badan yang baik saat bekerja hingga tidak menyebabkan luka pada dianya.

Memakai alat pelindung diri yang sesuai sama pekerjaan
Setiap pekerjaan memiliki resiko yang tidak sama hingga alat pelindung diri yang dipakai juga sesuai dengan resiko yang juga akan dihadapi. Untuk pekerja konstruksi maka perlu memakai alat pelindung diri yang sesuai misalnya helm keselamatan dan masker untuk pelindung pernafasan bila diperlukan. Alat pelindung diri itu juga akan menolong pekerja kurangi resiko yang mungkin terjadi.

Hindari alkohol dan obat-obatan terlarang
Pekerja harus hindari alkohol dan obat-obatan terlarang tidak hanya ditempat kerja tapi juga diluar tempat kerja. Alkohol dan obat-obatan terlarang itu dapat mengganggu kesehatan pekerja terlebih saat mereka bekerja. Pekerja yang dalam kondisi di pengaruhi alkohol atau obat-obatan terlarang dapat melakukan beragam kekeliruan kerja hingga berisiko menyebabkan kecelakaan kerja.

Berkomunikasi dengan pihak manajemen
Pekerja yang ketahui ada resiko kerja atau bahaya kerja perlu berkomunikasi dengan pihak manajemen hingga manajemen dapat berupaya kurangi resiko yang ada ditempat kerja itu. Pekerja dapat juga memberi anjuran pada manajemen perusahaan mengenai apa yang baiknya dilakukan untuk melindungi keamanan ditempat kerja.

Ketahui hak pekerja
Pekerja perlu ketahui apa sajakah hak mereka di perusahaan. Hak pekerja satu diantaranya yakni memperoleh perlindungan saat bekerja. Jadi pekerja dapat menuntut perusahaan yang memberi mereka keadaan kerja yg tidak aman. Pekerja dapat mencari tahu mengenai apa sajakah yang harusnya mereka dapatkan saat bekerja termasuk problem keselamatan dan kesehatan kerja.
SAFETY FOOTWEAR SAFETY FOOTWEAR Author

Popular Posts